07 Desember 2007

Penjas tu apaan sih?

Penjas............

Apa si sebenernya penjas itu........

Penjas yang kalian tahu sebagai pendidikan jasmani itu hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, mahluk total, daripada hanya menganggapnya sebagai seseorang yang terpisah kualitas fisik dan mentalnya.



Wuaduh, bahasanya kayanya rumit banget ya..... Nah, intinya penjas itu tu pendidikan yang menggunakan aktivitas jasmani sebagai medianya. Jadi aktifitas jasmani merupakan sarana, alat, media sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai. media apa si? ya media pendidikan untuk meningkatkan ranah afektif, psikomotor maupun kognitif.



Kalian tahu gak apa si ranah afektif, kognitif, atau psikomotor itu?


  1. afektif tu tentang sikap dan budi pekerti anak

  2. psikomotor tu tentang keterampilan anak dalam bergerak

  3. and kognitif tu tentang pengetahuan si anak

Jadi tugas pendidikan jasmani tu untuk menegmbangkan semua ranah tersebut and gak seperti yang dikira orang kalo cuma tuk olahraga, asal badan bergerak and olahraga olahraga terus.......... (ranah psikomotor)


Meski kalian gak sadar coba deh diinget lagi, misalnya dalam permainan basket atau voli, kalian kan gak bisa dong egois maen sendiri coz itu kan permainan tim jadi kalian tu harus kerja sama ma temen, gak boleh egois, menghargai kawan and lawan, gak boleh licik and curang, n terutama harus sportif dong...... Nah, hal-hal yang gak kalian sadari tu sebenernya bagian dari ranah afektif lo, jadi secara gak kalian sadari aspek afektif berkembang kan?

Trus.... Misalnya dalam senam, contohnya gerakan guling depan(roll depan), itu kan kalian dalam melakukannya harus tahu sikap awalnya, saat pelaksanaannya bagaimana, trus sikap akhirnya juga gimana...... Nah, dalam waktu sepersekian detik kalian harus tahu kan apa yang harus dilakukan, gerakan apa yang harus dilakukan selanjutnya,. nah itu tuh udah mbantu ngembangin ranah kogntif kamu.

Jadi penjas tu gak sesimple yang orang kira n gak bisa diremehin gitu aja. Dengan penjas tu bisa mbantu jaga kesehatan kamu and so pasti belajar kamu gak keganggu. Coba dech bayangin kalo kamu sakit, makan aja ga enak, tidur gak enak, ngapa ngapain gak enak, apalagi belajar, iya kan.........

Ok dech ntar qt sambung lagi ya.......


Tidak ada komentar: